Day 58 : Belajar manajemen waktu

Hari ini saya berangkat sedikit lebih siang dari biasanya, karena semalam saya menonton pertandingan sepak bola yang berlangsung hingga larut. Setelah sholat subuh, saya sempat tidur lagi untuk menambah energi. Akibatnya, saya tiba di kantor pada pukul 07.26. Meskipun biasanya di pagi hari saya mengikuti briefing dengan Mas Ridwan, hari ini berbeda. Di PT Excellent, setiap hari Jumat kami mengadakan briefing rutin bersama Pak Bos dan seluruh tim.

Pada briefing kali ini, Pak Bos menekankan pentingnya memiliki tujuan yang jelas dan mengejarnya dengan sungguh-sungguh. Beliau mengingatkan bahwa tanpa kerja keras dan tekad yang kuat, tujuan kita akan sulit tercapai. Selain itu, beliau juga mengingatkan tentang pentingnya manajemen waktu, terutama dalam mengerjakan proyek-proyek yang diberikan dengan tenggat waktu yang ketat. Pak Bos ingin saya dan Irfan bisa lebih terampil dalam menghadapi proyek yang ada, dengan belajar bagaimana mengatur waktu dan memahami prioritas setiap tugas yang diberikan.

Setelah briefing selesai, saya langsung menuju lantai atas untuk memulai aktivitas hari ini. Pagi ini saya memulai dengan mempelajari materi bahasa Inggris yang kali ini membahas cara mengekspresikan seni. Topik ini cukup menarik karena memperkenalkan beragam kosakata yang berkaitan dengan seni dan budaya, serta bagaimana cara mengungkapkan pendapat atau apresiasi terhadap karya seni dalam bahasa Inggris.

Setelah menyelesaikan sesi belajar bahasa Inggris, saya melanjutkan dengan membaca beberapa blog dari sumber-sumber favorit saya, yaitu vavai.com, imanudin.com, dan disway.id. Blog-blog ini selalu memberikan wawasan baru, baik seputar teknologi, pengalaman hidup, hingga sudut pandang yang memotivasi. Di sela-sela membaca blog, saya juga menyempatkan membuat vote untuk pilihan makan siang hari ini.

Berikutnya, saya melanjutkan pembelajaran melalui platform Dicoding, khususnya materi tentang layanan jaringan di AWS. Hari ini saya mempelajari tentang pengenalan jaringan virtual dan bagaimana AWS mengelola jaringan tersebut. Jaringan virtual adalah jaringan yang dibangun menggunakan software, bukan perangkat keras fisik. AWS menyediakan kemampuan untuk membuat jaringan virtual yang aman dan scalable di dalam infrastruktur cloud mereka. Selain itu, saya juga mempelajari tentang Amazon VPC (Virtual Private Cloud), yang memungkinkan kita untuk mengatur lingkungan jaringan pribadi di AWS. Melalui VPC, kita bisa mengontrol pengaturan jaringan seperti subnet, routing table, dan internet gateway, yang penting untuk mengelola konektivitas dalam arsitektur cloud.

Setelah selesai mempelajari materi Dicoding, tiba waktunya untuk sholat Jumat. Saya segera bersiap dan berangkat ke masjid. Setelah itu, seperti biasa di PT Excellent setiap Jumat, kami semua makan siang bersama. Suasana kebersamaan di sini sangat menyenangkan dan memberi kesempatan untuk berbagi cerita serta bercanda dengan rekan kerja.

Setelah makan siang dan beristirahat sejenak, saya melanjutkan aktivitas belajar dengan mempelajari Python di platform KodeKloud. Pada sesi kali ini, saya mempelajari dasar-dasar Python, dimulai dari konsep variabel. Variabel adalah tempat penyimpanan data dalam program. Python memungkinkan kita untuk mendeklarasikan variabel tanpa harus mendefinisikan tipe data secara eksplisit, sehingga lebih mudah digunakan. Selain itu, saya juga belajar tentang operator dalam Python, seperti operator aritmetika untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Saya juga memahami cara kerja modulus untuk mendapatkan sisa dari pembagian, yang sangat berguna dalam berbagai situasi pemrograman.

Tidak ketinggalan, saya mempelajari fungsi print(), yang digunakan untuk menampilkan output ke layar. Ini adalah salah satu fungsi dasar namun sangat penting dalam proses debugging dan pengembangan program. Dengan fungsi ini, kita dapat menampilkan informasi, baik itu teks atau nilai variabel, yang memudahkan dalam memeriksa hasil kerja kode kita.

Hari ini berjalan dengan sangat produktif. Mulai dari briefing yang memberi motivasi baru, hingga sesi belajar yang memperdalam pemahaman saya tentang jaringan virtual di AWS dan dasar-dasar pemrograman Python. Perlahan-lahan, saya merasa semakin siap untuk menghadapi tantangan-tantangan baru di dunia kerja.

Komentar