Day 56 : Pemrograman Go dan Keamanan Jaringan

Hari ke-56 ini sedikit berbeda karena saya akan pulang lebih awal setelah istirahat, mengingat ada izin dispensasi untuk pertandingan terakhir di Piala Soeratin jam 3 sore. 

Pagi tadi, saya sampai di kantor pukul 07.21. Seperti biasa, ada briefing rutin bersama Mas Ridwan jam 07.50, yang kami gunakan untuk mengevaluasi pekerjaan dan pembelajaran dari hari sebelumnya. Briefing ini juga jadi waktu yang pas untuk bertanya kalau ada kendala. Karena hari ini saya hanya kerja setengah hari, saya ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin agar tetap produktif.

Setelah briefing, saya langsung ke lantai atas untuk memulai aktivitas. Saya memulainya dengan belajar bahasa Inggris. Materi yang saya pelajari adalah tentang gerund, yaitu bentuk kata kerja yang berfungsi sebagai kata benda. Materi ini cukup menarik karena membantu saya lebih memahami cara membuat kalimat yang lebih bervariasi.

Setelah itu, saya lanjut ke materi Dicoding tentang keamanan jaringan. Karena waktu yang terbatas, saya fokus hanya pada dua poin saja. Poin pertama adalah pengenalan dasar tentang keamanan jaringan, yang menjelaskan pentingnya melindungi sistem dari berbagai ancaman. Poin kedua membahas beberapa jenis serangan jaringan, seperti DNS Cache Poisoning, Denial-of-Service (DoS), dan Distributed Denial-of-Service (DDoS).

DNS Cache Poisoning adalah serangan di mana peretas merusak cache DNS agar pengguna diarahkan ke situs palsu. Sementara itu, DoS dan DDoS adalah serangan yang bertujuan untuk membanjiri jaringan atau server dengan permintaan palsu, sehingga layanan menjadi tidak bisa diakses oleh pengguna yang sah. Ancaman-ancaman ini seringkali menjadi masalah besar di dunia jaringan.

Setelah menyelesaikan materi Dicoding, saya melanjutkan belajar di KodeKloud, mengulang materi tentang pointers di Go. Saya merasa perlu mengulang konsep ini agar lebih paham karena pointers sangat penting untuk efisiensi manipulasi data. Setelah itu, saya juga mempelajari materi baru tentang structs, methods, dan interfaces.

Structs adalah tipe data di Go yang memungkinkan kita mengelompokkan beberapa data terkait menjadi satu unit, seperti pengguna atau produk. Methods adalah fungsi yang bisa kita kaitkan dengan struct tertentu, sedangkan interfaces adalah konsep yang memungkinkan kita membuat tipe data yang fleksibel dan dapat digunakan di berbagai situasi. Semua ini penting untuk memahami pemrograman Go lebih dalam.

Komentar