Day 44 : hal-hal kecil yang harus di perhatikan

Hari ini adalah hari ke-44 saya menjalani aktivitas di kantor, dan saya tiba pukul 07.18. Biasanya, ada briefing rutin bersama Mas Ridwan, tetapi karena hari ini adalah Jumat, briefing dilakukan bersama seluruh tim Excellent. Pada briefing kali ini, Pak Bos menekankan pentingnya memperhatikan hal-hal kecil, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pekerjaan. Menurut Pak Bos, hal kecil yang terlihat sepele bisa saja berdampak besar jika diabaikan, bahkan berbahaya untuk diri sendiri atau menghambat pekerjaan, seperti yang pernah saya alami dan tulis di blog saya tentang "masalah sedehana menghambat pekerjaan".



Pak Bos juga membahas pentingnya membuat blog yang menarik untuk pembaca. Ia menyarankan agar blog yang kita buat tidak hanya dibaca oleh lingkaran orang yang sama, tetapi juga dibagikan kepada teman-teman lain, baik teman kantor, sekolah, maupun komunitas lainnya. Dengan begitu, blog kita bisa mendapatkan lebih banyak pembaca dan feedback yang berguna. Selain itu, ia juga menegaskan pentingnya manajemen waktu yang baik, agar semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan lancar tanpa menumpuk.

Salah satu poin penting yang disampaikan Pak Bos adalah tentang SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Semua tim diminta berkontribusi dalam analisis ini untuk mengembangkan PT Excellent agar tidak tertinggal dari perkembangan teknologi yang terus berubah setiap tahun.

Tak hanya soal pekerjaan, Pak Bos juga menekankan pentingnya memberikan ucapan selamat atau doa ketika ada rekan yang berulang tahun atau sedang sakit. Menurutnya, ucapan yang baik adalah bentuk doa, dan doa-doa yang baik akan kembali pada diri kita sendiri. Ini bukan hanya soal etika, tetapi juga mempererat hubungan antar tim. Setelah materi selesai, sebelum briefing ditutup, Mas Andes mengadakan undian untuk menentukan siapa yang akan bekerja di luar kantor, dan kemudian briefing pagi ini berakhir.

Setelah briefing, saya melanjutkan aktivitas dengan belajar bahasa Inggris di Unit 12 bagian 2, yang membahas tentang pendidikan. Setelah selesai belajar bahasa Inggris, saya melanjutkan dengan membaca beberapa blog, seperti vavai.com, imanudin.com, dan Disway. Salah satu tulisan yang menarik perhatian saya di blog vavai.com berjudul "Masalah Sosial: Ekonomi Predatory Lending dan Judi Slot". Dalam tulisan ini, saya dapat mengetahui sumber permasalahan yang terjadi fenomena gaya hidup anak muda yang sering kali lebih mementingkan penampilan tanpa memperhitungkan penghasilannya. Selain itu, penulis menyoroti kalo judi slot juga bisa menjadi jebakan yang awalnya terlihat menggiurkan, tetapi kemudian menghancurkan ekonomi seseorang, semua itu bisa di cegah dengan menjaga pergaulan kita atau kita bisa memilih teman yang bisa mengajak kita untuk melakukan hal-hal yang positif,Saya teringat cerita orang tua saya yang memasukkan saya ke dunia olahraga sebagai cara untuk menjaga pergaulan saya agar tetap positif.

Setelah membaca blog, saya melanjutkan pembelajaran baru di Dicoding tentang prinsip-prinsip dasar DevOps. Ada tiga prinsip utama dalam DevOps yang saya pelajari: yang pertama adalah prinsip alur kerja, yang kedua prinsip umpan balik, dan yang ketiga prinsip terkait proses belajar dan eksperimen berkelanjutan. Materinya sangat menarik, dan setelah mempelajarinya, saya mengerjakan kuis terkait prinsip-prinsip DevOps ini. Dari empat soal, saya mendapatkan nilai 75, dan ini menjadi motivasi bagi saya untuk mempelajarinya lebih dalam lagi.



Setelah beristirahat, saya melanjutkan dengan mempelajari materi di KodeKloud, khususnya mengenai flow control. Saya masih merasa kurang paham tentang cara melakukan looping pada file, sehingga saya memutuskan untuk mengulang materi tersebut agar lebih menguasainya.

Hari ini penuh dengan aktivitas belajar yang bermanfaat, dengan setiap langkah kecil yang saya ambil Terus memperdalam pengetahuan dan mengaplikasikannya di dunia nyata membuat saya semakin siap untuk tantangan ke depan.

Komentar