Day 23 : Mempelajari docker

Pagi ini saya memulai hari dengan belajar bahasa Inggris, sekaligus mencicil tugas agar nanti jika ada waktu, saya bisa menyelesaikan dua unit sekaligus, seperti kemarin. Intinya, saya berusaha memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Hari ini saya kembali mendapatkan materi baru, yaitu Docker. Awalnya, saya mempelajari Docker dari materi yang diberikan oleh Pak Ahmad yang dikirim kemarin. Kemudian, Pak Ridwan memberikan materi tambahan dari KodeKloud. Saya melanjutkan belajar Docker di KodeKloud, karena ini adalah materi baru yang baru saya ketahui setelah mencari informasinya di ChatGPT. Menurut ChatGPT, Docker adalah platform open-source yang memungkinkan pengembang untuk mengotomatisasi proses penyebaran aplikasi dalam "container." Namun, saya masih belum yakin apakah informasi tersebut benar atau tidak.

Karena ini adalah materi baru, ada kemungkinan saya lupa dengan perintah-perintah dasarnya, jadi saya menulisnya di Notepad, seperti perintah untuk melihat daftar container dan perintah untuk menghentikan container, karena saya takut lupa. Hehe... Namun, ternyata PPT-nya bisa dilihat dan diunduh dari KodeKloud. Saya bingung karena saat belajar Linux, sepertinya tidak ada PPT-nya. Mungkin karena pemateri yang berbeda. Di KodeKloud juga dijelaskan cara menjalankan web app yang nantinya bisa dibuka di website, dan ini dibahas dalam bab Docker Run yang juga mencakup MySQL. Selain itu, dalam modul ini dijelaskan cara membuat container, membuat Dockerfile, dan menginstal repository yang tersedia di Docker Hub.

Karena menonton video terus-menerus membuat saya mengantuk, saya mencoba mengalihkan perhatian dengan mengerjakan Duolingo untuk mendapatkan bintang. Tapi, saya gagal terus karena waktu yang diberikan hanya dua menit, dan saya masih agak kesulitan saat menyusun kata. Karena harus membaca dan mencari kata yang tepat, akhirnya saya melanjutkan pembelajaran dari KodeKloud hingga jam istirahat.

Dengan KodeKloud, saya bisa sekaligus melatih bahasa Inggris karena penjelasannya menggunakan bahasa Inggris dan soal dalam kuisnya juga dalam bahasa Inggris. Jadi, jika ada kata yang saya tidak tahu, saya langsung membuka Google Translate untuk mengetahui artinya. Yang saya suka dari kuis di KodeKloud adalah sebelum memulai, selalu ada kata-kata motivasi seperti yang saya salin ini: "An investment in knowledge pays the best interest." Setelah menyelesaikan modul 4 dari KodeKloud, saya melanjutkan membaca blog seperti biasa. Blog yang saya baca dari vavai.com adalah yang berisi opini, sementara blog dari imanudin.com saya baca yang berkaitan dengan materi saya hari ini, yaitu Docker.

Setelah membaca blog, Pak Ridwan memanggil saya untuk briefing mengenai perlengkapan. Setelah briefing, saya melanjutkan menulis blog dan shalat Ashar. Setelah itu, saya kembali belajar bahasa Inggris di YouTube dengan channel yang sama seperti kemarin, yaitu Ratueli Daeli.

Komentar