Day 19 : Materi baru

Pagi ini, briefing dimulai lebih awal bersama Pak Ridwan, yang biasanya berlangsung pada pukul 07.50, tetapi hari ini dimulai sekitar pukul 07.00. Dalam briefing tersebut, Pak Ridwan membahas solusi untuk masalah yang terjadi kemarin saat instalasi Zimbra di Ubuntu.

Setelah briefing, saya langsung mempersiapkan VMware dan server Ubuntu. Saya mempersiapkannya lebih awal karena pembaruan yang diperlukan cukup memakan waktu. Dalam proses instalasi ini, saya kembali mengalami masalah ketika menjalankan perintah ./install.sh. Saya tidak bisa melanjutkan karena muncul pesan: "ERROR: Installation cannot proceed. Please fix your /etc/hosts file." Saya pikir mungkin file /etc/hosts-nya tidak sesuai dengan hostname, sehingga saya mengganti hostname dan menyesuaikannya dengan file /etc/hosts. Bahkan, saya juga menyesuaikan file db.shefa.id dan file resolv.conf, namun tetap saja tidak berhasil. Akhirnya, saya mencoba bertanya kepada ChatGPT. ChatGPT menyarankan saya untuk mengganti file /etc/hosts, dan meskipun saya sudah menggantinya berkali-kali, masalah tetap tidak terselesaikan. Saat mengecek hostname, nama domainnya pun tetap sama. Akhirnya, saya menggunakan snapshot dan mencoba mengulang prosesnya. Namun, setelah berhasil melewati masalah pertama, muncul masalah lain dengan pesan: "ERROR: Unable to retrieve Zimbra GPG key for package validation. Please fix the system to allow normal package installation before proceeding." Saya mencari solusinya melalui ChatGPT, namun tidak berhasil. Akhirnya, saya mencoba menghapus Zimbra dengan perintah ./install.sh -u dan menginstalnya kembali. Setelah itu, instalasi berhasil. Karena prosesnya cukup memakan waktu, saya menggunakan waktu menunggu untuk belajar bahasa Inggris di Duolingo. Ketika pesan instalasi Zimbra berhasil muncul, saya mencoba mengaksesnya melalui http://192.168.80.144, dan berhasil masuk. Ini memenuhi target saya untuk menyelesaikannya sebelum jam makan siang.

Setelah istirahat, saya berencana untuk melanjutkan pekerjaan, tetapi tidak lama kemudian Pak Ridwan datang dan memberikan tugas baru, yaitu mempelajari course tentang Red Hat di Udemy. Saya pun langsung mempelajarinya hingga section 3 point 4, karena di bagian tersebut video berdurasi sekitar 1 jam. Setelah menonton video tersebut, saya menulis blog karena belum sempat menulis sebelumnya. Pada pukul 15.30, ada briefing dengan tim panitia mengenai ulang tahun dan brainstorming yang diadakan oleh Excellent. Briefing ini membahas denah lokasi villa dan konsultasi untuk tim transportasi serta tim acara. Setelah briefing selesai, saya langsung melanjutkan penulisan blog karena sudah hampir waktunya pulang. Setelah menulis blog, saya memeriksa laporan untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan.

Komentar