Day 49 : membangun kemandirian dan kekuatan mental di generasi Gen Z

Kalian yang lahir antara tahun 1997 sampai 2012, dunia menyebutnya sebagai Gen Z, termasuk saya, hehehe. Berbagai stigma sering dilekatkan pada generasi Gen Z: rapuh, serba instan, tidak fokus, lemah, dan tidak tahan banting, serta berbagai stigma negatif lainnya.



Apakah benar begitu?

Hanya kita, Gen Z, yang bisa menjawab. Kita harus bisa melawan stigma itu dengan menunjukkan siapa diri kita sebenarnya.

Jangan Mudah Mengeluh

Jika menghadapi masalah, baik besar maupun kecil, hadapi. Kita harus melatih mental, pikiran, dan kepercayaan diri kita. Jika terbiasa menghadapi masalah tanpa mengeluh, kita akan mampu menghadapi masalah yang lebih besar. Ingat, Allah SWT tidak akan menguji umat-Nya di luar batas kemampuannya.

Jadilah Sosok Mandiri

Belajarlah dan latih dirimu untuk menyelesaikan masalah sendiri. Jangan bergantung pada orang lain. Orang tua dan teman tidak akan selalu ada bersama kita. Jadi, jangan pernah bergantung pada orang lain.

Jangan Merasa Hidupmu Paling Sengsara

Banyak orang yang hidupnya jauh lebih sulit daripada kita. Berhentilah membanding-bandingkan dirimu dengan mereka yang lebih baik, lihat juga ke bawah.

Jangan Berharap Tidak Ada Masalah

Berharaplah agar kita semakin kuat dalam menghadapi setiap masalah. Itu yang akan membuat kita semakin tangguh. Masalah adalah tantangan, bagian dari pertumbuhan kita. Jangan memperbesar masalah kecil, segera selesaikan. Tidak perlu meratap-ratap.

Keraslah Sedikit pada Diri kita

Tantang terus mental kita untuk melakukan hal-hal yang sulit. Latih terus mental kita. Semakin sering kita menghadapi tantangan, semakin kuat kita jadinya. Jangan hindari kesulitan, karena itu adalah rintangan yang harus kita taklukkan.

Latih Mental Seperti di Gym

Seperti otot tubuh, jika tidak dilatih, mental kita akan kendor, lembek, dan kita jadi mudah kalah. Giatlah melatih "otot" mentalmu. Jangan pernah takut menghadapi tantangan besar.

Sumber: instagram @officialtels

Komentar