Day 42 : membuat informasi aktivasi hosting

Hari ini adalah hari ke-42 saya menjalani PKL di PT Excellent. Saya tiba di kantor pada pukul 07.20 dan langsung bersiap untuk menjalani aktivitas harian. Seperti biasa, hari dimulai dengan briefing rutin bersama Mas Ridwan yang dilaksanakan pada pukul 07.54. Setelah briefing selesai, saya menuju lantai atas untuk bersiap-siap memulai aktivitas.

Saya memulai hari dengan melanjutkan pembelajaran bahasa Inggris yang menjadi salah satu fokus utama saya selama PKL ini. Saya menyadari pentingnya kemampuan berbahasa Inggris dalam menunjang karier di masa depan. Hari ini, saya masuk ke unit yang membahas tentang berhitung dan cara penyebutan angka dalam bahasa Inggris. Materi ini sangat membantu untuk memperluas kosakata serta meningkatkan kemampuan berbicara secara lebih tepat dan percaya diri.

Setelah belajar bahasa Inggris, saya melanjutkan tugas yang diberikan oleh Mas Ridwan, yaitu membuat informasi aktivasi hosting. 

Selesai dengan tugas hosting, saya mengambil waktu sejenak untuk membaca blog dari beberapa sumber favorit saya, termasuk vavai.com, imanudin.com, dan Disway. Ada satu artikel di vavai.com yang benar-benar menarik perhatian saya. Artikel tersebut membahas tentang dilema antara menuruti keinginan atau mencoba menguatkan diri untuk tidak malas dan menunda pekerjaan. Bacaan ini seperti sebuah teguran bagi saya, karena saya seringkali terjebak dalam kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dengan alasan “nanti saja, waktu masih panjang.” Akibatnya, pekerjaan sering menumpuk hingga akhirnya saya kesulitan untuk menyelesaikannya tepat waktu. Blog tersebut memotivasi saya untuk lebih disiplin dan tidak menunda pekerjaan. Pengendalian diri adalah kunci utama agar produktivitas tetap terjaga.

Setelah itu, saya kembali ke pembelajaran di KodeKloud. Hari ini saya mengulang materi tentang shell script introduction, terutama pada bagian yang membahas tentang variabel, penggunaan argumen baris perintah, membaca input dari pengguna, dan operasi aritmatika. Topik ini sangat penting karena menjadi dasar dalam mengotomatisasi berbagai tugas melalui skrip. Saya belajar cara menggunakan variabel untuk menyimpan informasi, bagaimana memanfaatkan input yang diberikan oleh pengguna, dan melakukan perhitungan sederhana di dalam skrip. Semua ini berguna untuk mempermudah pengelolaan server dan tugas-tugas teknis lainnya.

Setelah selesai di materi shell script intoduction, saya kembali mengerjakan tugas berikutnya yang diberikan oleh Mas Ridwan, yaitu membuat sertifikat SSL. Setelah istirahat, saya diberikan revisi tugas yang harus segera diperbaiki. Saya segera menyelesaikan revisi tersebut sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya di KodeKloud.

Materi selanjutnya di KodeKloud adalah mengenai flow control. Di sini saya belajar tentang logika kondisi yang memungkinkan skrip untuk mengambil keputusan berdasarkan syarat tertentu. Saya juga mempelajari berbagai jenis perulangan, seperti perulangan dengan "for" dan "while", serta bagaimana menggunakan pernyataan case untuk menangani skenario yang lebih kompleks. Materi ini sangat penting dalam pemrograman karena dengan adanya logika kondisi dan perulangan, kita bisa membuat skrip yang lebih dinamis dan otomatisasi yang lebih efisien.

Setelah semua pembelajaran selesai, Mas Ridwan meminta saya untuk membuka preferensi di Musashi untuk melihat password, serta membuka drive Excellent agar sertifikat SSL dan informasi aktivasi hosting bisa dikirimkan melalui drive tersebut. Semua ini merupakan bagian dari tugas yang diberikan hari ini dan saya merasa senang bisa menyelesaikannya dengan baik.

Secara keseluruhan, hari ini penuh dengan pelajaran yang berharga dan memberikan saya pemahaman yang lebih dalam, baik mengenai hal teknis maupun pengelolaan waktu dan disiplin diri.

Komentar