Day 30 : Sebulan PKL di Excellent

Tepat hari ini, saya telah menyelesaikan satu bulan penuh menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT Excellent. Waktu seakan berlalu begitu cepat, dan saya bersyukur karena dalam kurun waktu ini saya sudah mendapatkan begitu banyak ilmu baru. Meskipun bidang yang saya pelajari di Excellent berbeda dari apa yang saya pelajari di sekolah, pengalaman ini sangat menyenangkan dan menambah wawasan saya. Saya bisa mempelajari hal-hal yang sebelumnya tidak saya ketahui, dan hal ini menjadi motivasi tambahan untuk terus belajar.

Di Excellent, saya juga mengalami perubahan besar dalam kebiasaan sehari-hari. Jika di sekolah saya sering mengisi waktu luang dengan tidur atau bermain game, di Excellent, saya justru memanfaatkan waktu luang saya dengan mencari ilmu baru. Saya sering mengunjungi berbagai situs web yang informatif atau menonton video edukatif di YouTube yang bermanfaat untuk pengembangan diri saya. Ini adalah kebiasaan baru yang sangat positif dan saya yakin akan sangat berguna ke depannya.

Selain itu, saya belajar untuk menjadi lebih disiplin, terutama dalam hal waktu. Di sini, saya berusaha untuk selalu datang lebih awal, bahkan sebelum para staf lainnya tiba. Hal ini membantu saya untuk memulai hari dengan lebih tenang dan siap menghadapi berbagai tugas.

Di hari ke-30 ini, saya tiba di kantor pada pukul 07.23. Pagi ini dimulai dengan briefing bersama seluruh tim Excellent, termasuk Pak Bos. Dalam briefing kali ini, kami membahas analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk PT Excellent.

Setelah briefing selesai, saya mengerjakan pembelajaran bahasa Inggris di Duolingo. Di sela-sela mengerjakan latihan, saya dipanggil oleh Mas Ridwan untuk mengikuti briefing tim perlengkapan. Dalam briefing tersebut, kami mendiskusikan daftar barang yang perlu dibeli serta total biaya yang diperlukan.

Setelah briefing tim perlengkapan selesai, saya kembali melanjutkan latihan di Duolingo. Kali ini, saya berada di Unit 15 yang membahas tentang cuaca. Materi ini cukup menarik karena memperkaya kosakata saya dalam bahasa Inggris.

Menjelang siang, saya mencoba mengakses lab yang diberikan oleh Mas Ridwan. Awalnya, lab tersebut bisa diakses secara gratis, namun setelah saya selesai melaksanakan shalat Jumat dan mencoba membukanya lagi, ternyata saya harus meng-upgrade akun dan membayar untuk mengaksesnya kembali.

Setelah urusan lab selesai, saya keluar sejenak untuk membeli obat-obatan dan baterai yang diperlukan. Sepulang dari sana, saya melanjutkan belajar tentang DevOps melalui platform KodeKloud. Modul yang saya pelajari berjudul "Fundamental of DevOps," dan hari ini saya berhasil menyelesaikan dua bagian, yaitu bagian pengantar (introduction) dan bagian "What is DevOps." Dalam bagian "What is DevOps," saya mempelajari definisi DevOps, pola antipattern dalam DevOps, serta berbagai kerangka kerja yang berkaitan dengan DevOps. Materi ini memberikan wawasan yang sangat berharga tentang bagaimana pendekatan DevOps dapat meningkatkan efisiensi dan kolaborasi dalam pengembangan perangkat lunak.

Setelah mempelajari DevOps, saya mengakhiri hari dengan membaca beberapa blog favorit saya, yaitu vavai.com, imanudin.com, dan disway. Blog-blog ini selalu memberikan inspirasi dan pengetahuan baru yang memperkaya wawasan saya.

Secara keseluruhan, hari ke-30 ini penuh dengan pembelajaran dan refleksi. Saya merasa semakin nyaman dengan lingkungan kerja di PT Excellent dan semakin termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Pengalaman PKL ini benar-benar telah mengubah cara pandang saya, baik dalam belajar maupun bekerja, dan saya sangat berterima kasih atas kesempatan yang luar biasa ini.

Komentar