Day 29 : Menyelesaikan materi devops

Hari ini menandai hari ke-29 saya menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT Excellent. Seperti biasa, saya memulai hari dengan penuh semangat dan tiba di kantor tepat pada pukul 07.20. Perjalanan menuju kantor terasa lebih nyaman karena kondisi jalan yang cukup lancar, sehingga saya bisa menikmati perjalanan dengan santai. Suasana pagi yang tenang ini memberikan energi positif untuk memulai aktivitas di kantor.

Setibanya di kantor, saya sempat bermain media sosial sebentar untuk mengisi waktu sebelum memulai aktivitas belajar. Setelah itu, saya mulai mencicil pembelajaran bahasa Inggris di Duolingo. Materi yang saya pelajari hari ini bertemakan "Membentuk Preposisi," yang merupakan bagian penting dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saya.

Tak lama kemudian, saya mengikuti briefing rutin bersama Pak Ridwan. Briefing ini selalu menjadi momen penting untuk mendapatkan arahan dan motivasi sebelum memulai pekerjaan hari itu. Setelah briefing selesai, saya langsung menuju lantai atas untuk mempersiapkan diri menghadapi aktivitas hari ini. Persiapan ini saya lakukan dengan baik agar saya dapat fokus dan produktif dalam menjalani hari-hari PKL yang semakin menantang.

Setelah semua persiapan selesai, saya kembali melanjutkan pembelajaran bahasa Inggris di Duolingo untuk menuntaskan materi yang belum selesai. Setelah berhasil menyelesaikan unit preposisi, saya melanjutkan dengan mempelajari materi DevOps dari KodeKloud.

Pembelajaran DevOps di KodeKloud ini dimulai dari section "General Pre-requisite," di mana saya belajar tentang konsep dasar YAML dan JSON. Section ini sangat penting karena pemahaman yang baik tentang YAML dan JSON merupakan kunci dalam banyak konfigurasi dan pengelolaan infrastruktur modern. Setelah menyelesaikan section "General Pre-requisite," saya lanjut ke section "2-Tier Applications." Pada bagian ini, saya diberikan tutorial untuk membuat sebuah web atau aplikasi e-commerce sederhana. Saya juga diperkenalkan dengan berbagai alat dan sumber daya yang dapat digunakan untuk melihat langkah-langkah dalam pengembangan aplikasi e-commerce ini.

Setelah menyelesaikan section "2-Tier Applications," saya melanjutkan ke section "Lab Setup." Di section ini, saya belajar tentang cara menyiapkan lingkungan lab di VirtualBox, termasuk bagaimana mendownload dan mengonfigurasi file yang diperlukan dari oxboxes.org. Setup lab ini sangat bermanfaat karena memungkinkan saya untuk bereksperimen dan mempraktikkan konsep-konsep DevOps secara langsung di lingkungan yang terisolasi.

Setelah menyelesaikan pembelajaran DevOps di KodeKloud, saya meluangkan waktu untuk membaca beberapa blog. Membaca blog menjadi salah satu cara saya untuk memperluas wawasan saya, Selain itu, saya juga mencari referensi lain untuk memperdalam pemahaman saya tentang DevOps, baik melalui pencarian di Google, konsultasi dengan ChatGPT, maupun berdiskusi di grup Telegram yang saya ikuti. Materi yang saya kumpulkan dari berbagai sumber ini nantinya bisa saya pelajari lebih lanjut di rumah, sebagai bagian dari upaya saya untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang DevOps.

Hari-hari PKL di PT Excellent ini menjadi pengalaman berharga yang tidak hanya memperkaya ilmu pengetahuan saya, tetapi juga membentuk disiplin dan etos kerja yang kuat. Saya berharap dapat terus belajar dan berkembang di PT Excellent ini.

Komentar