Day 28 : Pembelajaran Bahasa Inggris, Web Server, dan Keamanan Data

Hari ke-28 PKL di PT Excellent diawali dengan semangat yang tinggi untuk menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Saya tiba di kantor pada pukul 07.22, dan seperti biasa, saya langsung memulai hari dengan pembelajaran bahasa Inggris melalui Duolingo. Aktivitas ini sudah menjadi rutinitas harian saya di Excellent, sebagai bagian dari upaya untuk mengembangkan kemampuan bahasa Inggris saya.

Setelah menyelesaikan briefing pagi, saya melanjutkan kembali pembelajaran Duolingo di Unit 13. Pada unit ini, saya mempelajari kata sambung seperti "or", "while", "whenever", dan lainnya. Pembelajaran ini penting karena membantu saya memperdalam pemahaman tentang struktur kalimat dalam bahasa Inggris, yang tentunya akan berguna dalam berbagai konteks, baik di tempat kerja maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah menyelesaikan sesi Duolingo, saya melanjutkan dengan membaca beberapa blog. Aktivitas ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan memperkaya pengetahuan saya, terutama dalam bidang IT dan pengembangan diri. Blog yang saya baca memberikan perspektif baru dan inspirasi yang bisa saya aplikasikan dalam pekerjaan maupun pembelajaran.

Kemudian, saya melanjutkan dengan sesi pembelajaran di KodeKloud. Hari ini, saya fokus pada section web server yang mencakup berbagai topik penting seperti Apache Tomcat, Python, deployment Flask app, Apache web server, Node.js, dan deployment Express app, serta pengaturan IPs dan ports. Pembelajaran ini sangat berguna karena memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang cara kerja web server dan berbagai teknologi yang terkait.

Setelah menyelesaikan section web server, saya melanjutkan ke section database basics. Di section ini, saya mempelajari dasar-dasar MySQL dan MongoDB, dua teknologi database yang banyak digunakan dalam industri. Pemahaman tentang kedua database ini sangat penting karena mereka merupakan fondasi dari banyak aplikasi web modern.

Tak berhenti di situ, saya juga melanjutkan dengan section security, yang membahas dasar-dasar SSL dan TLS. Pembelajaran ini memberikan wawasan tentang bagaimana menjaga keamanan data saat ditransfer melalui jaringan, yang merupakan aspek krusial dalam pengembangan aplikasi web.

Setelah menyelesaikan semua sesi di KodeKloud, saya meluangkan waktu untuk menambah keterampilan bahasa Inggris saya dengan metode listening. Saya percaya bahwa mendengarkan adalah salah satu aspek penting dalam penguasaan bahasa Inggris karena membantu saya memahami berbagai aksen, intonasi, dan kecepatan berbicara. Saya menggunakan beberapa sumber, termasuk podcast, rekaman audio, dan video dalam bahasa Inggris, untuk melatih kemampuan mendengar saya. Metode ini memungkinkan saya untuk mendengarkan percakapan dalam konteks yang berbeda, memperluas kosakata saya, dan meningkatkan kemampuan saya untuk memahami bahasa Inggris dalam situasi nyata.

Komentar