Day 24 : Belajar Docker dan Bahasa Inggris

Hari ini, saya memulai hari ke-24 PKL di PT Excellent dengan semangat yang tinggi buat terus belajar dan meningkatkan kemampuan. Saya memulai pagi ini dengan belajar bahasa Inggris, mencoba menambah kosa kata baru, dan memahami kalimat-kalimat sederhana. Setiap hari, saya merasakan ada sedikit kemajuan, dan hal itu bikin saya makin termotivasi buat terus berlatih. Belajar bahasa Inggris ini bukan cuma buat nambah pengetahuan, tapi juga sebagai investasi jangka panjang yang pasti akan berguna di masa depan.

Setelah menyelesaikan sesi bahasa Inggris, saya lanjutkan kegiatan dengan mempelajari Docker dari KodeKloud. Docker ini teknologi yang sangat menarik dan relevan di dunia IT saat ini, dan saya pengen benar-benar memahami cara kerjanya. Hari ini, materi yang saya pelajari mencakup dasar-dasar Docker, mulai dari cara membuat container, mengelola images, hingga mengatur jaringan antar container. Setiap modul yang saya ikuti di KodeKloud benar-benar memberikan pemahaman yang lebih mendalam. Saya mengikuti setiap langkah dengan teliti, mencoba memahami setiap perintah dan konsep yang diajarkan. Ketika ada konsep yang masih kurang jelas, saya nggak ragu buat mengulang video atau mencari referensi tambahan. Docker ini kadang terasa rumit, tapi justru di situlah tantangannya, dan saya senang bisa terus belajar hal-hal baru.

Saat jam istirahat tiba, saya mengambil waktu untuk makan siang dan sholat zuhur. Makan siang hari ini terasa menyegarkan, apalagi setelah pagi yang cukup intens dengan berbagai materi Docker. Sholat zuhur juga memberikan ketenangan batin dan energi baru untuk melanjutkan sisa hari. Waktu istirahat ini benar-benar saya manfaatkan buat me-refresh pikiran dan bersiap untuk tugas-tugas selanjutnya.

Setelah istirahat, saya melanjutkan belajar dari KodeKloud karena masih ada waktu sebelum melanjutkan aktivitas lain. Saya ingin memastikan semua konsep Docker yang sudah dipelajari benar-benar saya pahami. Saya mengulang beberapa bagian yang sebelumnya terasa sulit, dan dengan begitu, pemahaman saya jadi lebih solid. Setelah merasa cukup dengan materi Docker, saya beralih ke aktivitas berikutnya, yaitu membaca blog.

Saya meluangkan waktu untuk membaca beberapa blog yang sudah jadi langganan saya, yaitu vavai.com, imanudin.com, dan Disway. Blog-blog ini selalu memberikan wawasan baru, baik soal teknologi, kehidupan, maupun inspirasi lainnya. Membaca blog vavai.com memberikan saya perspektif tentang pengalaman hidup yang bermanfaat, sementara membaca imanudin.com sangat membantu saya untuk memahami lebih banyak tentang dunia IT, terutama yang berhubungan dengan Linux dan teknologi open-source lainnya. Sedangkan membaca Disway memberikan saya pandangan berbeda tentang berbagai isu yang terjadi di sekitar kita. Setiap kali membaca blog-blog ini, saya merasa mendapatkan pengetahuan baru yang berguna, baik untuk karier maupun pengembangan pribadi.

Hari ini benar-benar terasa produktif. Dari pagi hingga sore, saya berhasil menyelesaikan banyak hal, mulai dari belajar bahasa Inggris, memperdalam pemahaman tentang Docker, hingga menambah wawasan dari blog-blog yang saya baca. Semua ini membuat saya semakin percaya diri dengan pengetahuan dan keterampilan yang saya miliki. Saya berharap bisa terus melanjutkan ritme produktif ini hingga akhir PKL nanti, dan tentu saja, membawa semua pengalaman dan pengetahuan ini ke tahap berikutnya dalam karier saya.

Komentar