Day 18 : Instalasi Zimbra dan Kendala yang Dihadapi

Pagi hari di hari ke-18 PKL di Excellent. Hari ini saya datang pukul 07.19 pagi. Pak Bos memberikan masukan kepada saya dan Irfan agar tidak bertanya kepada Pak Ridwan jika belum mentok, dan beliau menyarankan untuk menggunakan ChatGPT sebagai referensi karena ChatGPT bisa membantu. Hari ini saya tidak briefing dengan Pak Ridwan karena sudah pukul 08.00 dan memasuki jam kerja.

Pagi ini saya memulai dengan menginstal Zimbra di Ubuntu 20.04. Karena proses update-nya memakan waktu cukup lama, saya menunggunya sambil belajar bahasa Inggris di Duolingo. Pada percobaan pertama saya gagal karena saat memasukkan IP di CMD untuk remote, muncul pesan "REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED." Saya mencoba mengganti IP-nya. Ketika saya bertanya kepada ChatGPT tentang masalah tersebut, saya disarankan untuk mengulang instalasi server. Setelah itu, saya mengulang instalasi server dan mengganti IP-nya. Saya mencari panduan untuk cara menginstal Zimbra di imanudin.com, tutulore.online, dan juga di ChatGPT. Sambil menunggu update yang memakan waktu lama, saya melanjutkan belajar bahasa dengan Duolingo hingga jam istirahat tiba.

Saat istirahat, saya melaksanakan sholat Zuhur dan makan. Walaupun saya makan, saya tetap mencicil proses instalasi Zimbra yang sudah diberikan panduannya oleh ChatGPT. Panduan tersebut masih banyak error. Akhirnya, saya kembali melihat panduan di tutulore dan kali ini hampir berhasil. Saya sudah memasukkan password ke Zimbra, tapi tiba-tiba jaringan terputus dan semuanya gagal. Saya mencoba masuk kembali ke server dan menginstal ulang, tetapi tidak bisa. Pak Ridwan menyarankan untuk meng-uninstall Zimbra yang sebelumnya sudah terinstal. Saya mencari cara untuk meng-uninstall Zimbra di ChatGPT, tetapi tetap tidak berhasil. Setelah saya melakukan snapshot, ternyata snapshot-nya dari awal update. Karena masih ada waktu, saya menunggu update sambil membaca blog. Namun, waktu pulang sudah dekat dan update belum selesai juga. Akhirnya, saya bertanya kepada Pak Ridwan apakah ini bisa diakses dari rumah karena saya ingin mencoba dari rumah dan mungkin bisa mengulang apa yang saya lakukan di kantor.

Komentar