Day 11 : Menyelesaikan Modul dan Menghadapi Kesulitan di Hari ke-11

Halo, rasanya cepat sekali waktu berlalu, sudah setengah bulan saya PKL di PT Excellent. Di hari ke-11 ini, seperti biasa, saya berangkat jam 06.30 dan bertemu dengan Irfan di depan Graha Melasti. Perjalanan hari ini cukup macet dan udara pagi terasa dingin, mungkin karena habis hujan. Kami tiba di kantor sekitar jam 07.20, dan tidak lama kemudian Pak Ridwan juga datang.

Pagi ini, Irfan, Pak Ridwan, dan saya memulai briefing jam 07.50. Setelah briefing, Irfan dan saya menuju ke lantai 2. Hari ini, saya melanjutkan pengerjaan kuis Modul 14 karena belum selesai pada hari Jumat lalu. Saya mengalami kesulitan karena enp0s8 masuk ke routing table. Setelah bertanya di Discord dan mendapatkan bantuan dari AI, akhirnya saya bisa menyelesaikan Modul 14. Selanjutnya, saya mempelajari Modul 15 dan mengerjakan lab serta kuis Modul 15 tanpa mengalami kesulitan berarti. Sebelum jam istirahat, saya membaca vavai.com, imanudin.com, dan disway.

Saat istirahat, saya melaksanakan sholat zuhur. Setelahnya, saya melanjutkan dengan mempelajari Modul 16 dan mengerjakan lab dari Modul 16. Di modul ini, saya mengalami kesulitan karena tidak bisa menginstal firewalld. Saya sudah mencoba bertanya di Discord dan juga ChatGPT, tetapi tetap tidak berhasil, sehingga nilai saya hanya mencapai 50 untuk Modul 16. Akhirnya, saya melanjutkan ke Modul 17 yang tidak memiliki kuis atau lab, jadi saya hanya membaca dan mempelajarinya. Kemudian, saya melanjutkan ke Modul 18 dan mengerjakan Modul 18 tanpa mengalami kesulitan berarti.

Sampai jumpa di blog hari ke-12. Semoga saya bisa melewati segala rintangan dan mendapatkan banyak ilmu setiap harinya.

Komentar