Day 43 : pembelajaran baru berbahasa indonesia

Hari ke-43 PKL di PT Excellent dimulai dengan semangat tinggi. Saya tiba di kantor pukul 07.20 dan langsung bersiap mengikuti briefing rutin dengan Mas Ridwan yang dimulai pada pukul 07.50. Dalam briefing tersebut, Mas Ridwan memberikan evaluasi terkait pekerjaan yang kemarin di lakukan.

Setelah briefing, saya menuju lantai atas untuk memulai aktivitas hari ini. Langkah pertama yang saya lakukan adalah melanjutkan pembelajaran bahasa Inggris di Duolingo. Kali ini, saya mempelajari materi tentang pengembangan kata kerja dalam bentuk sekarang, yang membantu saya lebih memahami struktur kalimat dalam bahasa Inggris. Setelah menyelesaikan sesi belajar bahasa Inggris, saya menyempatkan diri untuk membaca blog inspiratif dari vavai.com, imanudin.com, dan juga Disway. Membaca blog-blog tersebut selalu memberikan wawasan baru, baik dalam hal teknologi maupun kehidupan.



Di sela-sela waktu membaca blog, Mas Ridwan memberikan saya tugas untuk membuat sertifikat SSL. Ini adalah tugas yang menarik karena saya bisa langsung mempraktikkan pengetahuan yang berkaitan dengan keamanan di dunia digital. Setelah menyelesaikan tugas tersebut, saya kembali melanjutkan membaca blog, menambah wawasan dan motivasi dari berbagai pengalaman yang dibagikan di sana.

Setelahnya, saya melanjutkan pembelajaran di platform KodeKloud. Kali ini, saya mengulang materi tentang flow control, khususnya bagian yang membahas for loops dan while loops. Materi ini cukup menantang, terutama karena sebelumnya saya belum benar-benar memahami bagian ini dengan baik. Namun, dengan pengulangan dan latihan yang konsisten, pemahaman saya terhadap materi tersebut semakin berkembang.

Setelah istirahat, saya kembali ke KodeKloud dan melanjutkan dengan mempelajari tentang shebang, yang menjelaskan bagaimana karakter khusus di awal skrip digunakan untuk menentukan interpreter yang akan menjalankan skrip tersebut. Selain itu, saya juga mempelajari lebih dalam tentang exit codes, yaitu nilai yang dikembalikan setelah skrip dijalankan, yang menunjukkan apakah skrip berjalan dengan sukses atau terjadi kesalahan.

Untuk memperluas pemahaman saya tentang DevOps, saya juga mengikuti kursus dasar DevOps di Dicoding. Kursus ini menggunakan bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah dipahami. Saya memulai dari section awal yang membahas definisi DevOps, manfaat yang bisa diperoleh dari implementasi DevOps, serta penerapannya dalam dunia industri teknologi saat ini. Menariknya, setelah menyelesaikan beberapa materi, saya mengikuti ujian yang tersedia di platform tersebut. Pada percobaan pertama, saya mendapat nilai 75 karena ada beberapa soal yang ternyata masih belum saya pahami dengan baik. Namun, pada percobaan kedua, saya berhasil mendapatkan nilai sempurna, yaitu 100. Awalnya, saya mengira soal yang diberikan akan sama seperti percobaan pertama, tetapi ternyata soalnya berbeda.



Komentar