Day 41 : belajar script agar pekerjaan menjadi lebih effisien

Hari ke-41 PKL di PT Excellent, saya memulai hari ini dengan semangat baru, berharap bisa menambah banyak ilmu yang bermanfaat. Pagi ini, saya tiba di kantor pada pukul 07.23, cukup awal untuk mempersiapkan diri sebelum aktivitas dimulai.

Seperti biasa, pada pukul 07.50, saya mengikuti briefing rutin bersama Mas Ridwan. Di setiap awal minggu, Mas Ridwan biasanya mengecek dan meminta laporan mingguan kami untuk ditandatangani. Setelah briefing selesai, saya langsung menuju lantai 2 untuk bersiap-siap memulai kegiatan hari ini. Hal pertama yang saya lakukan adalah mengisi laporan mingguan saya agar siap ketika Mas Ridwan memintanya. Ini juga membantu saya menjaga catatan mingguan tetap rapi dan terorganisir.

Setelah menyelesaikan laporan, saya melanjutkan aktivitas dengan belajar bahasa Inggris melalui Duolingo. Hari ini, saya berada di Unit 9 Bagian 2, yang fokus pada penggunaan kata sandang dalam kalimat. Meskipun tampak sederhana, memahami penggunaan kata sandang sangat penting untuk memperkaya kemampuan bahasa Inggris saya. Saya mengambil waktu lebih lama untuk memastikan bahwa saya benar-benar paham setiap materi.



Setelah sesi belajar di Duolingo, saya meluangkan waktu untuk membaca beberapa blog favorit saya. Blog dari vavai.com selalu memberi saya wawasan tentang pengalaman hidup dan perjalanan karier yang menginspirasi, sementara imanudin.com membantu saya memperdalam pengetahuan seputar teknologi, khususnya di bidang IT. Tak lupa, saya juga menyempatkan membaca tulisan-tulisan menarik dari Disway yang sering membahas berita lokal dan nasional.

Selepas istirahat, saya kembali melanjutkan pembelajaran, kali ini di KodeKloud dengan modul "Shell Scripts for Beginners". Saya memulai dari Section 1, yang memberikan pengenalan tentang apa itu shell script, serta mengapa penting menguasai shell dalam dunia kerja IT. Pembahasan ini membuka wawasan saya tentang bagaimana shell script dapat digunakan untuk mengotomatisasi berbagai tugas, sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien dan hemat waktu.

Setelah menyelesaikan Section 1, saya melanjutkan ke Section 2, yang lebih mendalam tentang cara membuat dan menjalankan script. Di bagian ini, dijelaskan langkah-langkah praktis untuk menulis skrip sederhana yang dapat mempermudah pekerjaan sehari-hari. Saya mengulangi beberapa materi di Section 2 agar lebih paham konsep dan aplikasinya. Penggunaan shell script memang terlihat menantang di awal, tapi saya merasa semakin familiar setelah beberapa kali mengulang materi.

Hari ini berjalan dengan lancar, dan saya merasa semakin termotivasi untuk terus belajar dan mengasah kemampuan. Setiap hari di PKL ini membawa pengalaman baru, dan saya bertekad untuk memaksimalkan setiap kesempatan belajar yang ada.

Komentar