Day 40 : Perbaikan cctv

Hari ke-40 PKL di PT Excellent dimulai seperti biasa. Saya berangkat bareng Irfan, dan kami sampai di kantor sekitar pukul 07.25. Setelah itu, saya istirahat sebentar sebelum ikut briefing rutin bareng Mas Ridwan jam 07.50. Briefing ini biasanya ngebahas tugas-tugas yang harus diselesaikan hari ini.

Setelah briefing, saya naik ke lantai atas untuk siap-siap memulai aktivitas. Seperti biasa, saya buka Duolingo buat belajar bahasa Inggris. Baru beberapa saat, Mas Tyo datang dan ngajak saya ke markas DJ untuk benerin CCTV yang bermasalah.

Sampai di markas DJ, kami ketemu Mbah Kakung yang langsung ngasih tahu masalah CCTV-nya. Saya dan Mas Tyo mulai ngecek CCTV yang posisinya cukup tinggi, bikin kita agak kesulitan buat scan. Untung ada tangga yang bisa dipakai. Kami reset CCTV-nya dengan menekan tombol reset sampai lampu indikatornya menjadi merah. Begitu lampu berkedip, kami pakai aplikasi bardi buat memberikan scan QR code ke perangkat CCTV, dan setelah ada bunyi dari perangkatnya, tandanya beres. Jangan lupa juga, kami pastikan WiFi dan password-nya benar biar CCTV bisa jalan normal lagi.

Setelah CCTV di garasi beres, kami lanjut ke CCTV yang posisinya di samping tembok garasi. Tantangan kali ini lebih susah karena lantainya enggak rata, jadi susah pakai tangga. Akhirnya, saya mutusin buat naik pagar supaya bisa scan CCTV-nya. Pelan-pelan, saya berhasil scan dan atur ulang perangkatnya.

CCTV berikutnya ada di teras, dan di sini masalahnya kami enggak bisa nemu tombol reset-nya. Setelah cari info di Google, akhirnya ketemu juga, dan kami langsung reset ulang.

Yang paling ribet adalah CCTV di sisi barat. Saya harus naik pagar lagi, tapi kali ini ada tanaman dan outdoor AC yang menghalangi. Setelah sedikit usaha, saya berhasil naik. Tapi ada masalah baru: sinar matahari terlalu terang bikin scan QR code enggak berhasil. Mas Tyo ngasih jaketnya buat nutupin sinar matahari, dan akhirnya dengan satu tangan pegang pagar, satu tangan pegang HP, saya berhasil scan. Setelah beberapa detik, perangkatnya berbunyi dan beres.

Setelah semua CCTV beres, kami lapor ke Mbah Kakung, dan beliau nyuruh kami istirahat dulu, makan dan minum yang udah disiapin sebelum balik ke markas.



Balik ke markas PS, saya lanjut belajar bahasa Inggris di Duolingo. Kali ini, saya belajar tentang berbagai macam perjalanan. Setelah selesai, saya sempet baca blog buat nambah wawasan. Blog-nya seru, banyak info baru, terutama soal teknologi dan pengalaman hidup.

Menjelang siang, saya pergi sholat Jumat di SMANSASI. Cuaca lagi panas banget, jadi setelah sholat, saya beli es biar segar. 



Dan seperti biasa, tiap Jumat, PT Excellent ngadain makan siang bareng, momen yang selalu seru karena selain makan, kami bisa ngobrol dan bercanda.

Setelah makan siang dan istirahat, saya lanjut belajar di KodeKloud. Kali ini, saya fokus ke materi tentang storage di Linux. Saya belajar soal pengelolaan penyimpanan, termasuk LVM, yang ternyata keren banget buat manajemen server. Hari ini produktif banget, dan banyak hal baru yang saya pelajari, baik dari tugas di lapangan maupun dari materi online.

Komentar

Posting Komentar