Day 38 : cek email spam

Hari ke-38 PKL di PT Excellent

Hari ini saya tiba di kantor sedikit lebih lambat dari biasanya, sekitar pukul 07.25. Alasannya, saya sempat mampir ke Indomaret terlebih dahulu untuk membeli roti, Nescafe, dan Silverqueen agar mood saya lebih baik—meskipun sebenernya gak ngaruh, hehe.

Pukul 07.50, saya mengikuti briefing di kantor. Setelah briefing, saya langsung menuju lantai 2 untuk mempersiapkan diri menjalani aktivitas hari ini. Seperti biasa, saya memulai hari dengan belajar bahasa Inggris. Namun, di tengah-tengah pembelajaran, ada notifikasi email masuk yang mengharuskan saya untuk mengecek di PMG apakah email tersebut termasuk spam atau tidak. Ternyata, email yang masuk cukup banyak karena email dari malam sebelumnya belum sempat diperiksa.

Setelah selesai memeriksa email dan mengidentifikasi mana yang spam, saya kembali melanjutkan belajar bahasa Inggris di Duolingo. Pada hari ini, saya sedang mengerjakan Unit 6 yang membahas tentang pengenalan benda-benda. Namun, belum lama belajar, email lain kembali masuk. Saya pun segera mengecek apakah email tersebut spam atau bukan. Sama seperti sebelumnya, jumlah email yang masuk cukup banyak, dan setelah saya analisis dari pengirim serta tujuannya, kebanyakan dari email tersebut memang tergolong spam. Saya segera menghapus email-email tersebut baik di PMG maupun di grup Telegram /spamclean.

Setelah semua email selesai ditangani, saya menyempatkan diri membaca beberapa blog untuk menambah wawasan. Blog yang saya baca hari ini antara lain dari vavai.com, imanudin.com, dan Disway. Membaca blog ini selalu memberi inspirasi dan pengetahuan baru, baik dalam bidang teknologi maupun kehidupan sehari-hari.

Setelah waktu istirahat, saya melanjutkan kembali pembelajaran bahasa Inggris di Duolingo karena masih banyak unit yang harus diselesaikan. Setelah selesai dengan bahasa Inggris, saya beralih ke pembelajaran di KodeKloud, kali ini pada modul "Learning Linux Basics" di section yang membahas keamanan dan pengaturan file (Security and File Permissions).

Di section ini, saya mempelajari beberapa topik penting, termasuk SSH (Secure Shell). SSH adalah protokol yang sangat penting dalam mengakses server secara aman. SSH memungkinkan kita untuk login ke server dari jarak jauh tanpa harus khawatir soal keamanan data karena semuanya dienkripsi. Dengan SSH, kita bisa menjalankan perintah di server dan mengelola file tanpa harus berada di depan server secara fisik.

Selanjutnya, saya belajar tentang SCP (Secure Copy Protocol), yaitu protokol yang digunakan untuk mentransfer file secara aman antara dua komputer menggunakan SSH. Ini sangat bermanfaat ketika kita perlu memindahkan file dari satu server ke server lain atau dari lokal ke server remote. Proses transfer file ini dilindungi enkripsi yang membuatnya aman dari potensi pencurian data.

Saya juga mempelajari cron jobs, yang digunakan untuk menjadwalkan tugas otomatis di Linux. Misalnya, kita bisa mengatur agar backup dijalankan setiap malam atau menjalankan skrip tertentu setiap jam. Ini sangat berguna untuk tugas-tugas yang perlu dilakukan secara berulang tanpa harus manual setiap kali.

Di bagian lain, saya mempelajari IPTABLES, yang merupakan alat firewall untuk mengatur lalu lintas jaringan di server. Dengan IPTABLES, kita bisa memfilter mana saja lalu lintas yang diizinkan atau diblokir berdasarkan IP, port, atau protokol. Ini penting untuk keamanan server agar tidak sembarang lalu lintas dapat mengakses server, terutama dalam mencegah serangan dari luar.

Selain itu, saya mempelajari manajemen pengguna, di mana kita bisa menambah, menghapus, dan mengelola pengguna di sistem Linux. Hal ini penting dalam mengontrol siapa saja yang memiliki akses ke server, serta mengatur hak akses mereka agar tidak ada yang mengakses data yang tidak seharusnya mereka lihat.

Setelah menyelesaikan section ini, saya melanjutkan ke section berikutnya yang membahas tentang manajemen layanan dengan SYSTEMD. Section ini memberikan penjelasan tentang berbagai tools yang ada di SYSTEMD dan bagaimana cara menggunakannya untuk mengelola layanan di server, seperti memulai, menghentikan, atau me-restart layanan. SYSTEMD sangat penting karena hampir semua layanan di server modern dikelola melalui sistem ini.

Di tengah-tengah pembelajaran SYSTEMD, saya kembali harus mengecek email karena ada beberapa notifikasi email masuk lagi. Seperti sebelumnya, saya mengecek email tersebut di PMG dan menemukan bahwa beberapa email yang masuk adalah spam. Setelah saya cek, saya pun menghapus email yang termasuk spam dan mendeliver email yang tidak spam

Hari ini penuh dengan kegiatan yang bermanfaat dan produktif. Meski sempat terganggu oleh banyaknya email spam yang harus dicek, saya tetap bisa menyelesaikan banyak hal, baik dalam pembelajaran bahasa Inggris maupun memperdalam pemahaman Linux.

Komentar