Day 26 : Belajar devops dan bahasa

Hari ke-26 PKL saya di PT Excellent dimulai dengan semangat baru. Pagi ini, saya memulai hari dengan belajar bahasa Inggris di Duolingo. Bagi saya, kemampuan bahasa Inggris adalah investasi penting untuk masa depan. Dunia IT yang semakin global menuntut penguasaan bahasa ini, dan saya berusaha untuk selalu meningkatkan kemampuan saya. Setiap unit yang saya selesaikan di Duolingo memberikan kepuasan tersendiri, karena saya tahu bahwa keterampilan ini akan membuka banyak peluang di masa depan.

Setelah menyelesaikan unit 11 di Duolingo, saya melanjutkan dengan pembelajaran di KodeKloud yaitu 12-Factor apps12-Factor Apps adalah panduan yang dirancang untuk membantu pengembang membangun aplikasi yang tidak hanya dapat diskalakan dengan baik, tetapi juga mudah di-maintain, terutama di lingkungan cloud. Materi ini sangat menarik karena menyentuh berbagai aspek penting dalam pengembangan aplikasi, seperti manajemen konfigurasi yang efisien, isolasi dependensi yang tepat, dan cara yang efektif untuk menangani log. Setiap prinsip yang dipelajari menambah pemahaman saya tentang bagaimana aplikasi modern seharusnya dibangun.

Saya sangat terkesan dengan kedalaman materi yang dibahas dalam 12-Factor Apps. Setiap faktor dalam pendekatan ini dirancang untuk mengatasi tantangan yang sering kali dihadapi dalam pengembangan aplikasi skala besar. Misalnya, saya belajar tentang pentingnya memisahkan konfigurasi dari kode sumber, yang tidak hanya membuat aplikasi lebih fleksibel tetapi juga lebih mudah untuk dikelola di berbagai lingkungan. Selain itu, pendekatan ini menekankan pentingnya mengisolasi dependensi, memastikan bahwa aplikasi tidak tergantung pada perangkat lunak yang terinstal secara global di sistem operasi, tetapi menggunakan lingkungan yang terkendali. Ini adalah prinsip yang sangat penting untuk memastikan aplikasi tetap stabil di berbagai kondisi.

Setelah menuntaskan materi 12-Factor Apps, saya merasa perlu meluangkan waktu sejenak untuk mendapatkan inspirasi dari berbagai sumber. Saya pun melanjutkan hari dengan membaca beberapa blog yang selama ini menjadi sumber wawasan saya.

Saya mulai dengan membaca blog di vavai.com. Blog ini sering kali membagikan pengalaman hidup yang penuh inspirasi, yang saya yakin suatu hari nanti akan berguna bagi saya. Wawasan tentang bagaimana menghadapi tantangan hidup dan pelajaran dari pengalaman orang lain memberikan saya perspektif baru yang berharga. Setiap cerita yang dibagikan di blog ini membantu saya merenungkan perjalanan hidup saya sendiri dan bagaimana saya dapat belajar dari pengalaman orang lain. Kehidupan sering kali penuh dengan tantangan yang tak terduga, dan memiliki sumber inspirasi seperti ini sangat membantu saya untuk tetap termotivasi dan fokus pada tujuan jangka panjang saya.

Selanjutnya, saya membaca blog di imanudin.com. Sebagai seorang yang beraspirasi untuk terus tumbuh di bidang IT, blog ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan teknis saya. Banyak artikel di sana yang membahas topik-topik IT yang mendalam dan praktis, membantu saya memperdalam pemahaman saya dalam berbagai aspek teknologi. Saya merasa sangat terbantu dengan penjelasan yang rinci dan langsung pada poin, terutama dalam hal-hal teknis yang sering kali rumit dan membutuhkan pemahaman mendalam. Membaca blog ini memberi saya pandangan yang lebih luas tentang dunia IT, dan saya dapat melihat bagaimana teori yang saya pelajari diterapkan dalam situasi nyata.

Tidak lupa, saya juga menyempatkan diri untuk membaca Disway, yang memberikan informasi terkini tentang keadaan yang sedang terjadi di sekitar. Memahami situasi dan kondisi di negara ini penting bagi saya, karena saya ingin tetap terhubung dengan dunia nyata dan mengetahui perkembangan yang mungkin mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Di tengah kesibukan belajar, penting bagi saya untuk tetap sadar akan apa yang terjadi di sekitar.

Setelah mengisi otak dengan berbagai wawasan dari blog, saya kembali melanjutkan pembelajaran di KodeKloud. Kali ini, saya fokus pada materi DevOps Pre-requisite. Materi ini membahas kembali dasar-dasar Linux dan networking, yang merupakan fondasi penting dalam dunia DevOps. Meskipun topik ini bukan hal baru bagi saya, saya merasa penting untuk selalu menyegarkan ingatan dan memperkuat pemahaman dasar saya. Pengulangan adalah kunci untuk memastikan bahwa saya benar-benar menguasai setiap konsep, sehingga saya dapat mengaplikasikannya dengan lebih percaya diri dalam situasi nyata.

Setelah menyelesaikan sesi pembelajaran ini, saya menyempatkan diri untuk belajar bahasa Inggris lebih lanjut dengan metode listening. Saya tahu bahwa kemampuan mendengarkan adalah bagian penting dari penguasaan bahasa, dan saya ingin meningkatkan keterampilan ini untuk memperkuat kemampuan komunikasi saya dalam bahasa Inggris. Metode listening ini membantu saya menangkap intonasi, ritme, dan pengucapan yang lebih alami, yang sangat berguna ketika harus berkomunikasi dengan penutur asli atau memahami konten berbahasa Inggris yang lebih kompleks.

Setiap langkah yang saya ambil, baik itu melalui Duolingo, KodeKloud, atau membaca blog, semuanya berkontribusi pada pengembangan diri saya. Semakin saya belajar, semakin saya menyadari bahwa proses ini adalah perjalanan tanpa akhir, di mana setiap hari memberikan kesempatan untuk menjadi versi diri saya yang lebih baik.

Komentar