Day 22 : instalasi RHEL serta mengasah kemampuan bahasa Inggris

Pagi ini, saya berangkat ke kantor bersama Irfan dan tiba pukul 07.21. Sebelum memulai briefing dengan Pak Ridwan, saya sempat menyicil pelajaran di Duolingo. Briefing kali ini membahas pembelajaran Red Hat dan tim perlengkapan. Setelah briefing, saya menuju ke lantai 2, melanjutkan belajar Duolingo, serta membaca blog yang sempat saya cicil sebelumnya. Di tengah kegiatan ini, Pak Bos memanggil para anak PKL, serta Mas Tyo dan Mas Zaidan, ke ruang meeting. Pak Bos memberikan motivasi agar tidak mudah menyerah dan menekankan pentingnya menyiapkan SOP atau panduan sebelum praktik. Beliau juga menyarankan kami untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah setelah lulus SMK, karena hanya mengandalkan ijazah SMK akan sulit mendapatkan pekerjaan, bahkan untuk lulusan sarjana pun saat ini cukup menantang. Pak Bos juga merekomendasikan untuk belajar bahasa Inggris melalui YouTube, dengan cara mendengarkan. Beliau memberikan saran manajemen waktu belajar, yaitu 10 menit setelah subuh, 10 menit setelah tiba di kantor, dan 10 menit sebelum pulang, dengan mendengarkan materi dari YouTube.

Setelah pertemuan tersebut, saya langsung melanjutkan belajar RHCSA di Udemy. Saat ini, saya sudah sampai di Section 5, yang memiliki durasi video tidak terlalu lama dan jumlah video yang tidak banyak, sehingga saya bisa menyelesaikannya sebelum jam istirahat. Saat istirahat, saya memakan bekal sambil scrolling TikTok, kemudian melaksanakan shalat zuhur. Setelah istirahat, saya mencoba menginstall RHEL. Saya sempat membuat kesalahan dengan menginstall sistem GUI terlebih dahulu, namun akhirnya saya menginstall ulang dan kali ini menginstall versi servernya. Sayangnya, setelah instalasi server, saya menghadapi masalah ketika mencoba melakukan yum update. Setelah itu, saya kembali melanjutkan belajar Duolingo dan berhasil menyelesaikan Unit 7. Kemudian, saya melanjutkan belajar bahasa Inggris melalui YouTube, di mana saya menemukan penjelasan yang sangat detail. Ternyata di channel ini juga ada kuis yang langsung saya kerjakan.

Secara keseluruhan, hari ini penuh dengan pembelajaran dan tantangan yang berharga. Mulai dari mengasah kemampuan bahasa Inggris hingga memperdalam pengetahuan teknis tentang Red Hat, semua kegiatan ini menjadi bagian dari upaya saya untuk terus berkembang. Meski ada beberapa hambatan, seperti kesalahan instalasi RHEL, pengalaman ini justru memberikan pelajaran penting. Saya semakin termotivasi untuk terus belajar, baik dari pengalaman di lapangan maupun dari saran dan arahan yang diberikan oleh para mentor di Excellent. Semoga esok hari bisa menjadi kesempatan untuk lebih meningkatkan kemampuan dan mencapai target yang sudah saya tetapkan.

Komentar