Day 17 : Motivasi pagi dari pak bos

Pagi ini saya datang dengan semangat yang baru. Saya tiba di kantor pukul 07.16, lebih awal dari rekan-rekan kerja lainnya. Pak Bos juga menanyakan mengapa pekerjaan kemarin gagal dan memberikan motivasi kepada saya serta Ifan. Beliau menyarankan agar kami tidak mudah menyerah, belajar lebih lama dari para senior, dan mengejar ketertinggalan dalam hal pengetahuan Linux. Selain itu, Pak Bos juga menyarankan kami untuk memanfaatkan waktu di sela-sela pekerjaan untuk belajar bahasa melalui aplikasi seperti Duolingo.

Dalam briefing pagi ini, Pak Ridwan menjelaskan langkah-langkah konfigurasi DNS dan menanyakan mengapa blog saya tidak bisa dibuka. Setelah briefing selesai, saya segera menuju lantai 2 dan membuka laptop untuk memeriksa masalah blog saya. Ternyata, blog tersebut belum saya upload, jadi saya langsung menguploadnya. Setelah itu, saya melanjutkan pekerjaan yang belum selesai dari Pak Ridwan dan menonton video panduan di YouTube, meskipun serinya berbeda. Saya mencoba mengikuti panduan tersebut hingga mencapai tahap nslookup. Setelah bertanya kepada Pak Ridwan, saya menyadari bahwa konfigurasi yang saya lakukan masih belum tepat, sehingga beliau kembali memberikan penjelasan.

Saya juga melakukan instalasi ulang dan mengatur IP secara manual sebelum masuk ke server Ubuntu. Sebelumnya, saya dan Ifan telah mengganti IP secara manual di file /etc/netplan/00-installer.yaml. Meskipun sudah disetting dan menjalankan netplan apply, IP tidak berubah. Namun, setelah melakukan pengaturan IP sebelum masuk ke server Ubuntu, IP yang kami setting sebelumnya sudah diterapkan tanpa perlu mengubah file /etc/netplan/00-installer.yaml lagi.

Setelah jam istirahat selesai, saya melanjutkan dengan mengikuti panduan video yang telah dijelaskan oleh Pak Ridwan. Akhirnya, saya berhasil meskipun harus mendapatkan penjelasan berulang kali. Pak Ridwan juga memberikan tugas untuk besok, yaitu menginstall Zimbra, dan menyarankan untuk membaca blog Pak Ahmad mengenai cara instalasi Zimbra. Setelah itu, saya membaca blog tersebut dan melanjutkan belajar bahasa melalui aplikasi Duolingo sesuai saran dari Pak Bos. sebelum jam pulang saya sholat dulu karena kalo di rumah takut kesorean dan setelah sholat saya juga mengecek laporan dan tulisan saya hari ini agar tidak ada kesalahan seperti kemarin.

Komentar