Day 16 : Upaya dan Kendala dalam Pengaturan Jaringan di Ubuntu 20.04

Minggu ke-4 PKL di PT Excellent

Hari ini, saya tiba di kantor pada pukul 07.18 dan mengikuti briefing pagi bersama Pak Ridwan. Dalam briefing tersebut, Pak Ridwan memberikan tugas terkait konfigurasi jaringan di Ubuntu 20.04.

Sebelum tugas diberikan, saya sempat membaca buku Linux, khususnya pada BAB 6 yang membahas tentang Samba Server. Tidak lama setelah itu, Pak Ridwan dan Mas Tyo datang untuk memberikan arahan. Mas Tyo menjelaskan bahwa saya dan Irfan perlu menginstal Ubuntu 20.04, sementara Pak Ridwan memberikan referensi situs web yang bisa kami gunakan sebagai panduan.

Saya mengalami kesulitan saat mencoba menginstal BIND9. Proses instalasinya memakan waktu cukup lama, dan saya harus mengulangnya beberapa kali. Meskipun akhirnya berhasil menginstal BIND9, saya masih menghadapi masalah lain. Ketika mencoba mengatur IP, alamat IP yang saya buat tidak terdaftar. Pak Ridwan memberikan bantuan dan penjelasan, namun saya masih kesulitan memahami prosesnya.

Karena waktu yang terbatas menjelang jam pulang, saya menyempatkan diri untuk sholat Ashar dan membaca beberapa blog seperti vavai.com, imanudin.com, dan disway untuk mencari solusi. Setelah membaca, saya mencoba lagi dengan bantuan Irfan, tetapi masih belum berhasil membuat alamat IP yang dimasukkan terbaca dengan benar.

Hari ini, saya belum berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Pak Ridwan. Rencananya, saya akan mencoba besok dan berharap dapat menyelesaikannya.

Komentar