Day 12 : Catatan Hari ke-12 dan Penyelesaian Modul ADINUSA

Halo semuanya, selamat datang kembali di blog saya untuk PKL hari ke-12. Setelah menghadapi berbagai tantangan di hari ke-11 kemarin, hari ini saya bangun dengan semangat baru dan lebih siap untuk menghadapi tantangan yang ada di hari ke-12.

Pagi ini, saya berangkat seperti biasa pada pukul 06.30. Perjalanan saya cukup lancar, sehingga saya bisa santai selama perjalanan dan tiba di kantor pada pukul 07.18. Setelah tiba, saya menunggu mang Gun untuk membukakan pintu dan mulai briefing untuk evaluasi hari ke-11 pada pukul 07.50. Setelah briefing, saya dan Irfan menuju ke lantai 2.

Hari ini, saya memulai dengan mengerjakan modul ADINUSA yang ke-19. Pada modul ini, saya mengalami beberapa kesulitan karena harus menginstall Apache2 terlebih dahulu. Proses instalasi di server saya cukup rumit, jadi saya memutuskan untuk me-restart server di VirtualBox. Setelah itu, saya berhasil melanjutkan pengerjaan modul tersebut.

Setelah menyelesaikan modul 19, saya melanjutkan dengan membaca vavai.com, imanudin.com, dan disway hingga waktu istirahat tiba. Setelah makan siang dan istirahat, saya melanjutkan dengan modul terakhir ADINUSA, yaitu modul ke-20. Modul ini berisi challenge, total ada 4 challenge yang harus diselesaikan.

Untuk Challenge 1, saya tidak mengalami kesulitan dan bisa menyelesaikannya dengan bantuan ChatGPT. Namun, untuk Challenge 2, saya menghadapi beberapa kesulitan. Setelah mencari solusinya dan bertanya kepada Irfan, saya akhirnya bisa menyelesaikannya.

Challenge 3 juga cukup menantang karena perintah yang saya masukkan tidak berhasil, padahal saya menggunakan panduan dari ChatGPT. Mungkin keyword yang saya berikan salah. Setelah memperbaiki keyword, akhirnya saya berhasil menyelesaikan Challenge 3.

Di Challenge 4, saya mengalami kesulitan lagi karena poin ke-4 tidak terpenuhi. Saya bertukar tugas dengan Irfan, yang sudah menyelesaikan poin ke-4 tetapi masih perlu menyelesaikan poin ke-3. Setelah Challenge 4 selesai, saya mencoba mengulang modul 16 yang belum saya selesaikan.

Pada modul 16, saya menghadapi kesulitan ketika membuka file Nginx yang ternyata kosong, meskipun saya sudah menginstal Nginx. Saya memulai ulang server di VirtualBox, login kembali, dan menginstal Nginx lagi. Setelah itu, file Nginx akhirnya muncul dan saya bisa menyelesaikan modul 16.

Terima kasih telah membaca blog saya. Sampai jumpa di blog hari ke-13. Semoga di hari ke-13 saya bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak dan terus membawa pulang pengetahuan dari PT Excellent

Komentar